Mari Saling Berbagi Ilmu Bermanfaat

Kirim Pesan Email Otomatis Saat Internet Mati - Mikrotik

Kadang kala internet sangat dibutuhkan baik dikantor maupun warnet mati tapi saat masih istirahat atau masih diluar kita tidak tau sejak kapan hal itu terjadi, tapi dengan alat mikrotik kecil tapi yang sangat tangguh ini dapat memberikan informasi dengan mengirimkan email pada saat internet putus.

Di Mikrotik ada sebuah tools yang dapat mengirimkan sebuah pesan apabila internet anda down. Nama toolsnya adalah Netwatch. Fungsi Netwatch ini juga mempunyai banyak fungsi tentunya.

Intinya Netwatch ini akan memonitor bila internet putus dan mati akan kirim ke email yang dituju. Dan dijaman sekarang Gadget/HP sudah ada fasilitas email jadi dapat dengan mudah tau internet kantor, rumah atau warnet kita telah putus.


Berikut langkah-langkahnya :
1.  Buka mikrotik pakai winbox tentunya biar mudah, bila belum punya bisa donwload disini.
2.  Setelah masuk pakai winbox, seting email dahulu di Tools > Email, langsung saja lihat artikel sebelumnya di Setting dan Kirim Email di Mikrotik.
3.  Setelah selesai setting email buka Netwatchnya di Tools > Netwatch.
4.  Klik “+”, isi seperti dibawah ini bila pakai server google isikan “Host” dengan 8.8.8.8, tetapi bila anda mempunyai IP Public Speedy/Internet anda pakai IP STATIS(IP tidak berubah-berubah) isikan “Host” dengan IP Public tersebut. IP Public bisa dilihat di menu “IP” > “Address”. Bisa dilihat seperti gambar dibawah ini
 

5.  Masih ditampilan Netwatch, pada tap menu “Up” dan “Down”copy paste scriptnya dibawah ini.
     UP = /tool e-mail send to="email tujuan" cc="" body="contoh : Speedy 01SBY - Normal" tls=yes     subject="contoh : Koneksi Internet = UP"
     Down = /tool e-mail send to=" email tujuan" cc="" body=" contoh : Speedy 01SBY - Down" tls=yes subject="contoh : Koneksi Internet = DOWN"
Jangan lupa masukkan email tujuannya, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.

 

6. Kemudian untuk tes berhasil apa tidak coba mikrotik dimatikan kemudian dinyalakan, atau disable enable PPPoE dari menu "PPP" di mikrotik. bila berhasil maka email mikrotik akan menginfokan/mengirim email ke email tujuan.





Selamat anda telah berhasil.


Demikian tutorial tentang Kirim Pesan Email Otomatis Saat Internet Mati - Mikrotik telah selesai.
Semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel saya. jangan lupa likenya ya.
Silahkan berkomentar :)



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Toko OnlineKu

TAYANGAN TERPOPULER