Mari Saling Berbagi Ilmu Bermanfaat

Perbedaan IP STATIS dengan IP DHCP - Windows

Hal mendasar yang perlu diketahui dalam mensetting jaringan adalah harus mengetahui apa itu IP DHCP dan IP STATIS. IP ini biasanya dikonfigurasikan mulai jaringan kecil hingga besar. IP ini sering digunakan dimanapun anda pakai, baik dikantor, rumah, warnet, wifi area dll.
Jadi tidak ada salahnya mengetahui apa itu IP STATIS dan IP DHCP.

IP STATIS : Alamat IP yang tidak dapat berubah-ubah/setting manual.
IP DHCP : Alamat IP yang dapat berubah-ubah/otomatis.

Sebenarnya saya sebelumnya sudah membuat tutorial Merubah IP Address Secara Otomatis – Windows baik otomatis IP STATIS maupun IP DHCP, namun saya tetap akan menjelaskan perbedaan mendasarnya.

Berikut ulasannya :
Untuk IP STATIS dimana Alamat IP yang tidak dapat berubah-ubah/setting manual itu yang dimaksud adalah mensetting IP pada perangkat tertentu, seperti komputer/laptop dll.
Untuk mensettingnya cukup mudah, saya pakai Windows 7 yaitu Start – Control Panel -  Network and Sharing Center / Paling cepat klik 1 kali gambar komputer dipojok kanan sampai muncul tulisan Open Network and Sharing Center kemudian klik – Local Area Connection – klik Properties – klik 2x Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4)

Untuk lebih jelasnya dapat melihat gambar dibawah ini :



Pada Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4), IP STATIS menggunakan pilihan “Use The following IP Address”, mengisi manual IP yang terkoneksi dijaringan pusat dan menggunakan IP DNS manual pula untuk dapat terhubung ke internet(biasanya IP DNS mengikuti Provider yang terpasang).

Untuk IP DHCP di Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) adalah mamakai opsi “Obtain an IP address automatically”. Tetapi pada IP DNS anda bisa mensettingnya dengan 2 opsi, hal ini dikarenakan kemungkinan anda mempunyai referensi IP DNS lain dari pada IP DNS dari Provider Internet. Bila setelah mensetting IP menjadi IP DHCP maka secara otomatis akan berubah setiap harinya.




Itulah perbedaan antara IP STATIS dengan IP DHCP secara dasarnya.
Dan bila tertarik anda juga dapat melihat tutorial Merubah IP Address Secara Otomatis – Windows.

Sekian dan terimakasih anda meluangkan membaca artikel Perbedaan IP STATIS dengan IP DHCP - Windows. Semoga bermanfaat :)



Selain Service saya juga jual buku Yasin dan Undangan Murah dan Bermanfaat. 
klik aja Bisnis Pemuda Surabaya
Share:

3 comments:

Toko OnlineKu

TAYANGAN TERPOPULER