Mari Saling Berbagi Ilmu Bermanfaat

Komputer/Laptop Hang atau Restart Sendiri (Blue Screen)

Berikut saya akan membahas tentang Komputer/Laptop Hang atau Restart Sendiri (Blue Screen), pastinya akan menjengkelkan bila saat sedang mengerjakan sesuatu yang sudah banyak namun belum tersimpan. langsung saja lihat kilasan dan permasalahan beserta solusinya berikut ini.




Biasanya komputer/laptop yang sudah lama sering digunakan mengalami kerusakan beraneka ragam mulai dari komputer/laptop hang, tiba-tiba restart sendiri kadang menampilkan bluescreen, setelah restart tidak bisa masuk windows bahkan sampai tidak ada bunyi namun tidak menampilkan apa-apa dilayar atau blank.

Berikut saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi gejala-gejala kerusakan yang ada.

1. Komputer/Laptop Hang

Gejala : Tidak bisa digerakkan sama sekali dan lampu indikator harddisk di casing bagian depan PC menyala keduanya.

Penyebab : Memory/Harddisk error

Solusi :
Memori = ambil memorynya bersihkan kuningan dengan penghapus bila masih nge-hang coba pakai memory lain.
Harddisk = coba masuk safemode, jalankan/scan antivirus (disarankan memakai smadav dan avast karena penulis sering dan selalu menggunakannya), perbaiki harddisk dengan cmd di safemode dengan perintah "chkdsk"(tanpa tandapetik) apakah ada yang rusak file disystem C:\, bila terdapat sangat banyak virus disarankan agar memindahkan semua data dahulu ditempat lain baru diInstall windowsnya kembali dengan format dahulu semua partisi, bila belum bisa coba pakai harddisk lain.


2. Komputer/Laptop Restart sendiri

Gejala : 
pertama restart tiba-tiba (jarang),
kedua restart sendiri saat mau masuk windows/masih saat lambang windows tampil,
ketiga restart sendiri setelah masuk windows.

Penyebab : 
pertama Suhu Processor melebihi batas normal/powersupply tidak stabil,
kedua windows error/harddisk error/Driver Windows tidak cocok
ketiga processor sudah aus/powersupply tidak kuat/memory error

Solusi :
pertama bila masih bisa masuk windows coba Cek suhu dengan aplikasi speedfan anda bisa downloadnya disini bila suhu sangat tinggi kemungkinan pasta untuk pendingin sudah kering, cara memakai pastanya berada diantara processor dengan heatshing(pendingin besi terdapat kipas diatasnya), kemudian coba cabut semua kabel didalam pc/laptop dan pasang kembali/pakai powersupply lainnya,
kedua coba repair pakai dvd windowsnya, cek harddisk seperti solusi sebelumnya,
ketiga coba ganti satu persatu antara sparepart processor beserta heatshingnya/powersupply/memorynya/bisa jadi cardwifinya.

Note :
Coba pakai charger lain, kemungkinan bisa charger laptop anda bermasalah sehingga aliran listrik menjadi konslet, cocokan voltase dan ampere charger laptop anda sesuai aslinya.

Semoga tutorial ini bermanfaat.
Terima Kasih.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Toko OnlineKu

TAYANGAN TERPOPULER