Mari Saling Berbagi Ilmu Bermanfaat

Cara Memberikan IP Address Otomatis dari Mikrotik

Saya akan membahas bagaimana Cara Memberikan IP Address Otomatis di Mikrotik.
Mungkin sudah banyak orang IT Network tahu apa itu IP Conflict dimana IP yang digunakan sudah digunakan oleh user lain, namun sering kali banyak permintaan dari management office sehingga permasalahan pembagian bandwidth-pun masih menjadi kendala.

Namun sekarang saya akan membahas agar tidak terjadi IP Conflict dan pembagian bandwidth sesuai permintaan serta Perangkat seperti Komputer/Laptop/Smartphone bisa mendapatkan IP secara Otomatis tanpa setting diperangkat masing-masing cukup hanya di Mikrotik saja.

Langkah-langkahnya sbb :
  1. Baca dulu Setting Speedy Dengan Mikrotik, Cara Agar Tidak Terjadi IP Conflick – Mikrotik, Memanage Bandwidth Dengan Simple Queue – Mikrotik.
  2. Setelah anda paham artikel sebelumnya masuk Winbox.
  3. Buka menu IP - DHCP Server.


  4. Pada Tampilan DHCP Server buka tab menu "Leases", kemudian buat baru dengan klik +.
  5. Isikan Alamat ip dan Mac IP komputer/laptop/gadget yang akan dibuat IP Otomatis kemudian klik OK. lihat contoh gambar dibawah ini menggunakan Gadget Blackberry.


  6. Maka akan muncul di daftar Leases DHCP Server namun dengan status "waiting" karena perangkat belum terkoneksi.


  7. Sambungkan perangkat anda ke wifi. maka statusakan berubah menjadi "bound".


  8. Kemudian buka menu IP - ARP List.


  9. Cari  IP address dan Mac IP Gadget di ARP List tersebut dimana sebelumnya sudah terdaftar di  Leases DHCP Server. Biasanya ada status huruf "D" pada bagian kiri menandakan IPnya masih Dinamic(baca Perbedaan IP STATIS dengan IP DHCP - Windows) agar tidak berstatus "D" klik kanan "Make Static".


  10. Selesai. IP Gadget anda akan otomatis memakai IP yang terdaftar di DHCP Server tanpa perlu mensetting digadget anda.
Selain untuk IP conflict, cara ini bermaksud agar orang tidak sembarangan merubah IPnya dan dapat mudah memonitor bandwidth yang dipakai.
Terimakasih sudah berkunjung.
Jangan lupa komentarnya. atau ingin request sesuatu silahkan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Toko OnlineKu

TAYANGAN TERPOPULER