Mari Saling Berbagi Ilmu Bermanfaat

Cara Menghapus atau Membersihkan Virus di Komputer / Laptop



Selamat pagi. bagaimana kabar semua para readers?
Semoga sehat dan bahagia selalu.amin

Kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Menghapus atau Membersihkan Virus di Komputer/Laptop.
Akan diceritakan bagaimana cara penyebaran dan kenapa virus itu dibuat.
Pada jaman yang semakin modern ini dihadapi banyak sekali kejadian technology yang menimpa mulai dari perorangan sampai keranah perusahaan.

Begitu penting data file baik pribadi maupun pekerjaan sekarang sudah sangat rawan sekali terhadap serangan-serangan para penjahat dimana untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan hal-hal tertentu.
Sebut saja para pembuat virus, mereka selalu berinovasi agar dunia ini semakin hancur atau mungkin agar mereka tidak hancur sendirian.

Virus Komputer ini dapat mengambil/mencuri data anda, menganalisa, merusak data sampai dapat merusak perangkat anda. sehingga sangat disayangkan sekali bila anda tidak tahu menahu soal bagaimana cara mengatasi virus yang mudah sangat menyebar tsb.
Ada yang buruk ada pula yang baik begitulah kata pepatah, Virus juga mempunyai Antivirus. kadang kala perusahaan membuat Anti virus bisa jadi perusahaan itu yang membuat Virusnya agar perusahaan tersebut mendapatkan Nama/Gelar/Dikenal banyak orang. ada kalanya juga perusahaan hanya membuat Antivirusnya saja jadi murni membantu membasmi Virus tersebut.

Jadi langsung berikut bagaimana
Cara menghapus atau Membersihkan Virus diKomputer/Laptop :
  1. Setelah anda membeli Komputer/Laptop paling tidak setelah windows masih baru dipakai langsung pasang Antivirus yang sudah terkemuka misal Smadav(Indonesia), Avast, AVG, Avira, Mc Afee, Norton, Ahab dll bisa cek di http:\\www.av-comparatives.org.).
  2. Setelah pasang antivirus jangan lupa senantiasa update beberapa hari/minggu. dan cek apakah ada trial/pendaftaran gratis. pakai antivirus free saja sebenarnya sudah cukup.
  3. Untuk mengantisipasi yang lain misal terkena virus, lebih baik anda mempunyai backup file misal Harddisk Eksternal/Flasdisk.
  4. Bisa gunakan semacam Software Guard untuk system kekebalan di Windows. contoh DeepFreeze, Shadow Defender dll. kinerjanya jika virus masuk maka setelah terestart/menyala ulang maka virus masuk disistem akan menghilang dengan sendirinya.
  5. Saat berinternet menggunakan browser maka gunakan antivirus yang sudah ada internet safenya seperti Avast dimana saat search digoogle avast akan mendeteksi apakah link/web ini aman untuk dibuka.
  6. Saat menancapkan Harddisk Eksternal/Flashdisk ke komputer/laptop haruslah komputer/laptop sampai masuk windows dahulu dan antivirus sudah menyala baru Harddisk Ekternal/Flashdisk ditancapkan/dipasang sehingga antivirus dapat bekerja proses scan pada perangkat ekternal tsb.
  7. Untuk email baik memakai browser maupun email manager(Outlook/thunderbird dll) hendaknya ada settingan untuk menyaring virus atau antivirus yang dapat terhubung dengan aplikasi email manager tsb.
Itu yang dapat saya sampaikan bahwa sangat disayangkan bila anda tidak mempunyai sedikit tentang akan bahaya Virus dan cara mengatasinya. saya sendiri sudah memakai Free antivirus Avast dan Smadav hasilnya sudah sangat memuaskan karena dengan antivirus itu bisa menangkal dari serangan virus lewat email, browser(internet) dan perangkat eksternal.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.
Terima kasih




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Toko OnlineKu

TAYANGAN TERPOPULER