Mari Saling Berbagi Ilmu Bermanfaat

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 1S Cepat Panas



Xiaomi Redmi 1S memiliki ketangguhan fitur yang sangat digemari saat ini, Smartphone Xiaomi Redmi 1S dengan RAM 1GB merupakan salah satu saingan berat dari smartphone ASUS Zenfone 5. Jika dilihat dari hasil AnTuTu Benchmark ZenFone 5, Redmi 1S jauh berada diatas Zenfone 5 harga yang ditawarkan dari masing-masing produsen sangat berbanding jauh.

Walaupun dengan performa yang tangguh, Xiaomi tetap memiliki kelemahan salah satunya digunakan bermain game, pada sisi kanan bagian kamera smartphone Redmi 1S sering mengalami overheat.

Mengingat MIUI ROM juga merupakan ROM racikan Xiaomi yang memiliki segudang fitur, tidak ada yang tahu Redmi 1S dibekali Qualcomm Snapdragon 400 dengan clock setinggi itu. Namun jika hal diatas menjadi acuan, pengguna dapat menurunkan clock CPU tersebut. Untuk mencegah hal itu saya mencoba menggunakan No-frills CPU Control di Google PlayStore dimana Maximal clock frequency 1,594GHz pada Xiaomi Redmi 1S dan itu merupakan clock tertinggi yang tercantum.

Berikut cara penggunaan No-frills CPU Control dimana adalah salah satu solusi menghemat baterai Redmi 1S cepat panas dengan melakukan underclocking  ke 1,4GHz atau 1,2GHz. Yang jelas jangan terlalu rendah dan terlampau jauh dari clock standard (1,6GHz) karena dapat menurunkan kecepatan kinerjanya.

Dibawah ini adalah cara Underclocking / Menurunkan Clock CPU Redmi 1S :
1. Status Redmi 1S sudah di rooted. Baca tutorial root Redmi 1S di Cara Root dan Unroot Xiaomi Redmi 1S
2. Unduh No-frills CPU Control
3. Setting No-frills CPU Control  (menjadi 1,4GHz atau 1,2GHz)
4. Centang
5. Apply on boot
Catatan : Jika setelah anda menggunakan cara diatas terjadi dampak yang negatif pada Xiaomi Redmi 1S anda maka silahkan atur ulang kembali seperti semula pada No-frills CPU Control.

Cara ke dua :
Belum genap 1 (satu) bulan Xiaomi merilis update Rom MIUI JHCMIBH34.0 (Stable Room) untuk Redmi 1S, kini Xiaomi kembali merilis update Rom MIUI JHCMIBH45.0 (Stable Room) untuk perangkat Xiaomi seri yang sama, yakni Redmi 1S. Jadi selama hampir 1 bulan penulis memegang Redmi 1S. Saat menggunakan produk agak sedikit panas (cepat panas) ketika sedang bermain game, merekam video atau sedang internetan.

Masalah heating ternyata sudah dirasakan oleh beberapa pengguna di negara lain, ini tampak pada percakapan forum – forum MUI dimana beberapa pengguna Redmi 1S juga merasakan hal yang sama. Nah rupanya hal ini mendapatkan respon positif dari pihak Advertisement Xiaomi yakni dengan meluncurkannya update Rom MIUI-JHCMIBH45.0 (Stable Rom) untuk Xiaomi Redmi 1S.

Beberapa hal yang baru pada update kali ini tentunya tidak terlepas dari solusi untuk menghindarkan Redmi 1S dari panas. Berikut pembaharuan yang ada pada Update ROM MIUI-JHCMIBH45.0 :

    Ditambahkan kontrol termal untuk mencegah perangkat dari panas berlebihan.
    Dioptimalkan penggunaan RAM untuk mencegah tertutupnya aplikasi background.
    Penambahan sekuritas pesan cloud. dll

Cara Update sangat mudah, tinggal masuk dimenu Setelan/Setting -> Tentang Ponsel/About -> Pembaharuan sistem/New System.


Terima kasih sudah berkunjung.
Semoga berhasil :D... dan jangan lupa commentnya ya



Selain itu saya juga jual buku Yasin dan Undangan Murah dan Bermanfaat. 
klik aja Bisnis Pemuda Surabaya
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Toko OnlineKu

TAYANGAN TERPOPULER