Mari Saling Berbagi Ilmu Bermanfaat

Cara Mengatasi Cartridge Canon Buntu/Tersumbat



Sering kali printer canon umumnya mengalami hasil cetak bergaris-garis, itu dikarenakan cartridge canon telah mengalami penyumbatan atau sudah masa waktu pemakaian cartridge sehingga hasil saat cetak sudah tidak sempurna atau tidak sesuai.

Berikut penyebab hasil cetak Cartidge Canon bergaris/tidak sempurna :
1. Printer tidak digunakan dalam jangka waktu lama
Printer bila tidak dipakai dalam waktu lama bisa menyebabkan tinta didalam cartridge menjadi keras/mengendap dan menggumpal sehingga saat mencetak cartridge canon tidak bisa mengeluarkan cairannya dengan normal atau menjadi tersumbat.
Hal ini dapat diperbaiki dengan cairan khusus cartridge atau dengan air panas.
Berikut cara-caranya :
a. Rendam Cartridge dengan cairan khusus atau air panas 2-3jam pada bagian bawahnya saja, jangan sampai terkena bagian kuningan terhubung antara cartridge dengan printer
b. Sedot bagiad head cartridge dengan menggunakan penyedot catridge Canon
c. Goreskan/tempelkan head cartridge ke tisu, bila sudah keluar merata cartridge siap dicoba.
d. Bila hasil cetak masih bergaris coba ulangi mulai dari langkah b. bila masih tetap tidak bisa maka memang cartridge benar-benar sudah aus/rusak.


2. Printer digunakan secara terus-menerus ada masa rusak cartridge ketika printer digunakan untuk cetak mengalami garis-garis, biasanya sangat cepat sekali bila digunakan cetak dalam jumlah yang sangat banyak, contoh ±300print/hari atau saat seorang mahasiswa mencetak untuk kebutuhan skripsi atau orang menggunakannya untuk cetak Foto dengan jumlah cukup banyak, untuk cartridge canon sendiri mudah cepat rusak karena menggunakan system Thermal System(Pemanas Tinta) bisa baca disini.
Hal ini tidak dapat diperbaiki karena element-element cartridge sudah aus.

3. Tinta cartridge tidak sesuai/campur/kualitas tinta buruk
Jangan mencampur berbagai produk jenis tinta, misal seharusnya tinta canon tapi pakai tinta epson, atau beda produksi/merk dagang, misal sebelumnya pakai tinta canon merk dagang dibotol MediaInk tapi berubah jadi merk GoodInk hal itu dapat mudah atau cepat merusak pemanas cartridge.


Namun saya akan memberikan tips-tips agar cartridge tetap awet :
1. Beli Cartridge ORI dengan tanggal produksi masih jauh dari kadaluarsa
2. Beli tinta yang Original atau dengan kualitas bagus untuk mengetahuiny saat tinta dibalik maka tidak banyak tinta menempel didinding atas.
3. Jangan cetak langsung sekali jalan sampai 200lbr atau 500/hari, paling tidak 50lbr tunggu beberapa menit baru 50lbr lagi agar pada pemanas cartridge tidak berlebih/tinggi.
4. Jangan sampai lama tidak dipakai, max 3hri sekali untuk cetak agar tinta dalam cartridge tidak mengering/menggumpal.
5. Jangan sampai telat mengisi tinta karena bila saat pemanas cartridge bekerja mencetak, panas ditimbulkan pada cartridge akan melelehkan spond didalam cartridge sehingga cartridge tidak bisa digunakan kembali.

Cukup sekian tutorial hari ini.
Semoga bermanfaat. :D

Cari Cartridge dan Printer ORI?Kami jual Cartridge dan Printer ORI dengan harga eceran dan reseller untuk lebih lanjutnya bisa hubungi contact disini.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Toko OnlineKu

TAYANGAN TERPOPULER